A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Sejarah

Sejarah Kecamatan Pante Ceureumen

Selasa, 10 Maret 2015 10:31:51 admin

SEJARAH TERBENTUKNYA KECAMATAN PANTE CEUREUMEN

  1. ASAL USUL  NAMA PANTE CEUREUMEN.

     Pante Cermin adalah nama sebuah gampong yang yang dulunya bernama “Gampong Pante Ara”. Gampong Pante Ara terletak disebelah Utara Ibu Kota Kabupaten aceh Barat tepatnya di jalan Meulaboh - Pulo Teungoh Km. 45 Sekitar tahun 1970-an Gampong  ini hanya berdiri  beberapa rumah yang berjejer disepanjang jalan utama Ulee Raket-Pulo Teungoh. Pada saat itu Gampong Pante Ara tersebut tidak berkembang seperti saat ini, banyak pendatang yang mencoba untuk bertempat tinggal di Pante Ara tetapi tidak sanggup bertahan lama dan akhirnya kembali ke tempat tinggal asal, mereka umumnya berasal dari Gampong lango dan gampong sekitarnya. Pada saat itu kondisi Gampong Pante Ara hanya ramai pada hari Sabtu setiap minggunya, karena hari Sabtu tersebut merupakan hari pasar yang banyak dikunjungi oleh pedagang dari luar Gampong Pante Ara serta para pembeli yang berbelanja untuk persiapan bahan keperluan hari-hari selama seminggu kedepan, selain dari hari sabtu tersebut keadaan Pante Ara kembali sepi.

     Wilayah Gampong Pante Ara saat itu tidak dapat berkembang cepat  mungkin hal ini disebabkan karena kondisi letak Pante Ara yang wilayahnya di apit antara pergunungan dan sungai. Sehingga untuk membuat sawah sawah baru pada saat itu tidak tersedia lahan yang cukup kecuali rawa-rawa yang sangat dalam, jangankan untuk membuat sawah, untuk melintasinya saja sangat susah. Karena mata pencaharian penduduk saat itu seluruhnya petani mereka tidak dapat menggantungkan hidupnya di Pante Ara, karena keterbatasan sawah sebagai lahan menanam padi untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Banyak masyarakat Pante Ara yang bertempat tinggal di Pante Ara tetapi bersawah di Gampong Lango dan hal ini masih terjadi hingga saat ini, hal ini dimungkinkan karena kedua wilayah ini letaknya berdekatan hanya dipisahkan oleh sungai/Krueng Meureubo, karena kondisi inilah banyak penduduk yang dahulunya mencoba menetapkan di Pante Ara kembali pulang kewilayah asalnya yaitu gampong lango dan sekitarnya.

 Dari dahulu kala sampai saat ini  ikatan kekeluargaan  antara masyarakat sekitar Pante Ara dengan Kabupaten Nagan Raya (khususnya PEULEUKUNG ) sangat kuat dan hal ini tetap dijaga sampai saat ini mereka saling kunjung mengunjungi untuk memjaga tali Silaturrahmi yang telah lama dibina bersama. Konon menurut cerita orang tua terdahulu nama Pante Cereumen itu sediri adalah nama yang ditabalkan oleh HABIB MUDA SEUNAGAN (Abu Peuleukung) kepada Gampong Pante Ara karena  letak rumah penduduk yang laksana cermin yang diapit oleh oleh Sungai Meureubo dan Geunang Pulong.

 Sekitar tahun 1990-an nama Pante Ara masing sering terdengar ketika  diucapkan oleh orang-orang  tua saat itu kala menyebutkan wilayah Pante Ceureumen sekarang. Seiring perputaran waktu nama Gampong Pante Ara  telah berubah menjadi Gampong Pante Ceureumen Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat yang merupakan Cikal bakal Ibu Kota Kecamatan Pante Ceureumen

 B.        Sejarah terbentuknya Kecamatan Pante Ceureumen

Sejarah terbentuknya Kecamatan  Pante Ceureumen tidak dapat dilepaskan  dari Proses terjadinya  Pemekaran Wilayah Kabupaten Aceh Barat menjadi Kabupaten Nagan Raya, Kabupaten Aceh Jaya dan Kabupaten Seumeulu dan hal ini sesuai dengan ketetapan undang-undang Nomor 05 Tahun 2000 tentang Pemekaran Kecamatan Kaway XVI menjadi 3 (tiga) Kecamatan, yaitu Kecamatan Kaway XVI, Kecamatan Meureubo dan Kecamatan Pante Ceureumen. Disamping itu juga tidak terlepas dari peran serta dari para tokoh masyarakat Pante Ceureumen serta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Barat saat itu dalam rangka upaya mempercepat pembangunan di wilayah Kecamatan Pante Ceureumen setelah terlepas dari Kecamatan induk yaitu Kecamatan Kaway XVI, baik yang saat itu duduk dipemerintahan, guru dan tokoh tokoh masyarakat lainnya yang tidak mungkin disebutkan satu – persatu tetapi akan tetap diingat dan  dikenang jasanya sehingga lahirnya Kecamatan Pante Ceureumen Kabupaten Aceh Barat yang hari jadinya ditetapkan pada tanggal 15 Juli 2009. 

  1.  NARA SUMBER :

1.IBRAHIM HUSEIN, SE, Umur 50 Tahun, Pekerjaan Swasta, Alamat Gampong Pante Ceureumen;

2.BURHANUDDIN,54 Tahun,Pekerjaan Pensiunan PNS, Alamat Gampong Pante Ceureumen,

3.ZAINI HAS, SE, 45 Tahun, Staf SETCAM Pante Ceureumen, Alamat Gampong Manjeng;

4.Abdul Hamid  ,46 tahun, WH Kec. Pante Ceureumen,Alamat Gampong Pante Ceureumen.



Prestasi

Mitra Kerja

Internal

Infromasi Lain